Merawat Rambut Hasil Blow Agar Tahan Lama

blow hair

Blow Hair adalah proses styling rambut dengan menggunakan hair dryer. Tujuannya agar rambut lebih bervolume serta keliatan jauh lebih rapi. Agar hasil proses blow bertahan lama maka kamu dapat melakukan hal – hal berikut ini:

  1. Keramas dua kali

Tak hanya membuat rambut lebih bersih, keramas dua kali berguna untuk mempersiapkan rambutmu sebelum ditata. Keramas dua kali juga membuat produk hairstyling yang kamu pakai menempel lebih lama.

  1. Selalu gunakan air dingin

Jika ingin hasil blow terasa bouncy dan mengembang alami sehabis keramas, usahakan untuk keramas dengan air dingin. Karena air hangat cenderung membuat kulit kepala cepat berminyak dan lepek.

  1. Pakai Conditioner pada ujung rambut

Conditioner bisa dibilang bertugas seperti primer pada makeup. Gunanya adalah agar rambut lebih mudah diatur saat di-blow. Jika kamu ingin hasil blow out milikmu lebih tahan lama, pastikan kamu menghindari bagian crown. Jika menumpuk di atas rambut, conditioner akan membuat rambutmu lebih berat dan lepek.

  1. Blow dengan suhu rendah

Suhu hair dryer yang panas memang bisa menghasilkan blow rambut tahan lama dalam waktu singkat, namun juga berpotensi membuat rambut rusak dan kering. Agar tak terpapar angin panas hairdryer terlalu lama, keringkan rambutmu lebih dulu menggunakan angin dingin. Bisa juga diangin-anginkan secara alami. Setelah rambut 3/4 kering, baru lanjut mem-blow rambut dengan angin panas.

  1. Hindari terlalu banyak produk

Menggunakan terlalu banyak hair product di hari yang sama dengan blow bisa membuat tekstur rambut terasa lebih berat. Sementara untuk mendapatkan hasil blow yang bouncy, kamu butuh rambut yang ‘ringan’. Triknya adalah harus tahu timing yang pas untuk memakai produk.

  1. Semprotkan Hairspray

Sebagai sentuhan terakhir, kamu bisa menyemprotkan hairspray secara merata. Pilih hairspray yang tidak akan membuat rambutmu kaku, karena inti dari rambut yang di-blow adalah rambut yang terlihat bouncy saat kita bergerak. Semprotkan dari jarak kira-kira 10-15 cm dari rambut agar tidak menumpuk di satu titik saja.

  1. Hati – hati terhadap cuaca

Air dan merupakan musuh utama rambut yang sudah di-blow. Air hujan yang membasahi rambut bisa menjadi beban dan membuat rambut lepek. Saat musim hujan tiba, jangan lupa untuk selalu membawa payung. Selain itu, sediakan scarf (bahan sutera lebih aman) untuk menutup kepala agar tak terkena tampias hujan.

  1. Hindari memegang rambut

Nah, ini dia kebiasaan penyebab rambut lepek yang serignkali tak disadari banyak orang. Jika ingin hasil blow tahan lama, hindari memegang rambut terlalu sering. Karena minyak, keringat, dan kotoran yang menempel pada telapak tanganmu bisa membuat rambut jadi ikut lepek. So stop touching your hair!

  1. Rawat rambut sebelum dan sesudah di blow

Seperti kulit wajah yang harus dipersiapkan dengan baik sebelum menggunakan makeup agar hasilnya bisa maksimal, rambut juga perlu dipersiapkan dengan baik sebelum dikeringkan dan ditata menggunakan hair tools. Gunakan heat protectant dan juga vitamin rambut untuk menjaga agar rambut tidak mudah rusak dan tampak lebih sehat meski sering terkena panas dari hair dryer atau hair tools lainnya. Setelah di blow, Anda juga perlu merawat rambut dengan menggunakan hair oil atau hair mist agar rambut tetap tampak sehat, berkilau dan tidak kering.

  1. Merawat rambut saat tidur

Tak hanya kulit wajah, rambut juga perlu mendapatkan perawatan ekstra ketika Anda terlelap di malam hari. Untuk mempertahankan hasil blow sepanjang hari, coba lakukan beberapa trik khusus agar tatanan rambut tidak mudah berubah. Jika memiliki rambut keriting, Anda bisa mengikat rambut dengan gaya cepol di bagian atas dan membiarkannya semalaman. Tetapi bila Anda memiliki rambut lurus, coba jaga tatanan rambut dengan menggunakan sarung bantal berbahan satin yang halus dan mampu mencegah rambut menjadi kusut.

  1. Menggunakan hair roll atau hot roller

Hair tools yang bisa Anda gunakan untuk menyiasati agar hasil blow rambut bisa bertahan sepanjang hari adalah hair roll atau hot roller. Menurut seorang hair stylist selebriti ternama bernama J. Michael, penggunaan hair roll atau hot roller pada rambut bagian bawah setelah melakukan blow dry dapat membuat hasilnya bertahan lebih lama. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan dry shampoo untuk mencegah rambut lepek yang pada akhirnya membuat hasil blow Anda tidak bisa bertahan lama.

  1. Menggunakan handuk rambut yang tepat

Memilih handuk dengan bahan yang tepat untuk mengeringkan rambut ternyata juga berpengaruh pada hasil blow dan tatanan rambut Anda, lho. Untuk dapat mencegah rambut kusut saat dikeringkan, Jessica Shakir, seorang makeup artist sekaligus hair stylist celebrity menyarankan Anda untuk menggunakan handuk microfiber yang akan menjadikan rambut lebih halus. Untuk menjadikan rambut lebih bervolume dan tidak mudah rontok, Anda juga bisa menyiasatinya dengan menyisir ke arah sebaliknya. Dengan demikian rambut Anda yang sudah di-blow akan tampak lebih ‘bouncy’.

  1. Gunakan sampo dan kondisioner yang tepat

Bertahan atau tidaknya hasil blow juga bergantung pada poduk sampo dan kondisioner yang Anda gunakan. Pemilihan produk yang tepat sangat bergantung pada jenis dan kondisi rambut Anda. Untuk pemilik rambut yang cenderung berminyak, pemakaian sampo serta kondisioner yang tepat dapat mencegah rambut menjadi cepat lepek dan kehilangan volume. Untuk menghasilkan blow yang maksimal, rambut juga harus sehat dan tidak mudah rontok. Karena kondisi rambut yang tampak tebal dan bervolume, dapat membantu memberikan hasil maksimal pada hasil styling rambut.

You May Also Like

About the Author: Paul Taka